Fakta-fakta dalam keragaman bahasa di Indonesia


Indonesia adalah Negara Asia tepatnya Asia tenggara yang juga merupakan Negara kepulauan terbesar didunia sehingga Negara ini tentunya mempunyai suku bangsa yang terbesar pula dimuka bumi ini yaitu kurang lebih 1120 suku bangsa menurut BPS (Badan Pusat Statistik)(Sumber : http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=57455) , mungkin inilah penyebabnya Indonesia menjadi Negara yang mempunyai bahasa daerah terbanyak didunia yaitu kurang lebih 750 bahasa daerah .

Dari bagian barat negara Indonesia yaitu di pulau Sumatra yang didominasi bahasa melayu yang logat bahasanya terdengar seperti bahasa melayu malaysia,di pulau ini dari provinsi Aceh sampai Bandar Lampung bahasanya terdengar melayu, tapi ada yang berbeda pada provinsi Sumatra utara yaitu pada suku batak yang bahasanya terdengar berbeda dengan bahasa melayu juga Sumatra selatan yaitu Palembang yang bahasanya terdengar agak seperti di pulau jawa.

Beralih ke pulau jawa yang merupakan pulau berpenduduk terbesar se-indonesia , dipulau jawa bahasanya dikategorikan menjadi 2 yaitu bahasa yang kasar dan yang halus. Dibagian barat pulau ini yaitu di provinsi jawa barat ada bahasa sunda, bahasa sunda yang halus berada pada darah sekitar pusat jawa barat sedangkan bahasa yang kasar terletak pada daerah perbatasan antara jawa barat dan jawa tengah, di jawa barat ini juga ada Ibukota Negara Indonesia yaitu DKI Jakarta yang mempunyai bahasa daerah yaitu bahasa betawi yang menurut orang yang belum pernah mendengar dan tidak biasa mendengar bahasa ini, bahasa ini akan terdengar kasar apabila kita baru pertama mendengar (logatnya kasar) tapi sebenarnya bahasa ini bisa diucapkan secara halus pula.

Lalu beralih lagi ke jawa bagian tengah yang mempunyai bahasa jawa kasar dan halus juga, bahasa jawa halus kebanyakan berada di kota kota disekitar ibukota jawa tengah ini contohnya di solo dan di ibukotanya sendiri yaitu di semarang , di DI Yogyakarta juga memakai bahasa yang halus, sedangkan untuk yang bahasa jawa kasar berada di kota daerah perbatasan antara jawa barat dan jawa tengah biasanya di kota daerah sekitar pantai utara dan pantai selatan. Untuk wilayah jawa timur bahasa jawanya kebanyakan sama dengan bahasa yang ada di jawa tengah ,tapi di daerah barat jawa timur cara bicara didaerah ini agak lantang atau tegas, bahasa ini terletak berdekatan dengan daerah Madura .Dan ada lagi daerah Bali yang bahasanya terdengar seperti bahasa jawa tapi jauh sekali berbeda juga bahasa Nusa tenggara yang terdengar seperti bahasa bali.

Sekarang beralih ke pulau Kalimantan ,Untuk Kalimantan yang bersebelahan dengan Negara Malaysia bahasanya juga terdengar malayu seperti bahasa yang ada di pulau Sumatra tapi pastinya memiliki perbedaan. Di pulau Kalimantan Bahasa yang digunakan di setiap daerahnya berbeda tapi perbedannya hanya sedikit sekali. Akhirnya kebagian terakhir yaitu ke bagian daerah timur Indonesia yaitu pulau Sulawesi kepulauan Maluku dan pulau irian jaya atau yang biasa kita bilang papua, logat berbahasa ketiga pulau ini hampir sama apalagi daerah Sulawesi bagian timur dengan kepulauan Maluku dan pulau irian jaya.

Ada kira-kira 160 bahasa nyaris punah yang disebabkan oleh kurangnya pendalaman tentang berbahasa daerah disekolah sekolah yang hanya menjadikan bahasa daerah sebagai muatan lokal saja sedangkan bahasa inggris lebih dikedepankan karena memang bahasa inggris merupakan bahasa internasional karena tentunya lebih penting, apalagi dalam urusan mencari pekerjaan yang berhubungan dengan bahasa inggris,, orang yang bisa bahasa inggris dinomersatukan, atau mungkin karena para orang tua yang bisa berbahasa daerah tidak mampu mewariskan bahasa daerahnya kepada anaknya yang berakibat rasa kemauan seorang anak untuk mendalami bahasa daerah.

(sumber: http://nasional.kompas.com/read/2008/08/11/21544654/169.bahasa.daerah.terancam.punah).

5 thoughts on “Fakta-fakta dalam keragaman bahasa di Indonesia

  1. extraction thimble

    Aw, this has been a very good post. In notion I would like to devote writing this way additionally – spending time and actual effort to manufacture a very good article… but exactly what do I say… I procrastinate alot and also no means often get something completed.

    Suka

    Balas
  2. 420 college

    420 College is the premier medical marijuana school in California. We’ve been helping people find a new career in America’s most exciting new medical marijuana industry since March of 2009

    Suka

    Balas

Tinggalkan Komentar