Sepak Bola dan Kehidupan 2 : Duel satu lawan satu dalam Sepakbola


Duel satu lawan satu dalam sepakbola adalah istilah dalam sepak bola dimana dua orang yang saling berebut bola mengerahkan kemampuan serta skill yang dimiliki atau apapun itu caranya supaya bola tidak jatuh ke tangan lawan. Definisi dari duel tidak hanya itu,  duel juga dapat diartikan perebutan bola satu lawan satu dengan tujuan tertentu yaitu untuk melewati lawan dan mencetak gol.

Kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemain sepakbola professional karena pemain sepakbola selalu dituntut untuk bermain bagus agar bisa ada di tempat utama atau pemain inti, juga agar dapat mengembangkan prestasinya lagi ke level yang lebih tinggi.

Tidak hanya pemain sepakbola professional saja, orang biasa atau orang yang menjadikan sepakbola sebagai hobi apalagi yang dalam lingkungannya sangat kental dengan dunia sepak bola perlu sekali mencoba ini, tentunya untuk mengembangkan bakat dan yang pasti sangat menyenangkan apabila dipraktekkan melawan teman.

Duel dalam sepakbola memiliki nilai gengsi yang tinggi bagi orang orang yang gila bola….!! termasuk saya, karena dalam duel bermain bola harga diri sangat dipertaruhkan. Menurut saya, betapa memalukan, payah dan bodohnya kita apabila sampai ada orang yang menggocek (istilah dalam sepakbola yang berarti melewati pemain dengan teknik sepakbola) kita, rasanya itu kita seperti sedang dibodohi oleh lawan tapi rasanya sangat fun atau menyenangkan, itu merupakan sebuah PR bagi kita agar semakin giat berlatih, seperti berlatih bertahan (pertahanan bola) maupun latihan menggocek.

Selain latihan bertahan dan menggocek, ada opsi lain dalam hal duel bersepakbola , yaitu mencetak goal dari jarak cukup jauh dengan cara mencongkel bola, teknik ini cukup ampuh bila kita melawan orang yang punya defense atau pertahanan yang baik mungkin dia berbadan besar dan mempunyai speed atau kecepatan yang bagus.

Punya badan besar, juga keseimbangan badan yang baik saja tidak cukup untuk dapat melakukan duel dalam sepakbola, perlu latihan kecepatan dan pertahanan bola yang baik juga, apalagi untuk melawan orang yang punya teknik bagus yang sering menguasai bola.

Jika kita punya kecepatan dan kelincahan (kecepatan dan kelincahan cocok untuk anak anak yang baru balajar sepakbola untuk melatih kecerdasan, memacu perkembangan saraf motorik )yang baik, teknik bola yang baik saja kita sudah dapat melakukan duel bersepakbola, karena poin poin tersebut merupakan senjata yang paling utama dalam duel, karena intinya dalam duel ialah menyerang dan menyerang.

Tapi tentunya dibutuhkan strategi dalam pengaturan nafas, ada kalanya kita menyerang habis habisan ada pula kita recovery atau mengambil nafas sambil bertahan dan memikirkan serangan apa lagi dan teknik apa lagi yang akan kita munculkan.

duel satu lawan satu dalam sepakbola

duel satu lawan satu dalam sepakbola

Duel seperti ini melatih jiwa kompeten kita juga mental kita, tidak hanya dalam olahraga saja namun juga dalam berkehidupan. Semakin tinggi jiwa kompeten kita, maka semakin bersemangat dalam menjalani kehidupan dan terus termotivasi. Apalagi untuk orang orang yang selalu menang dalam berkompetisi, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan dirinya.

“….Hidup untuk Sepakbola, dan Sepakbola untuk hidup….”

Baca juga Sepak Bola dan Kehidupan : 5 alasan Mengapa Sepak Bola sangat bermanfaat bagi kehidupan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s